PERBEDAAN MONO DAN STEREO



Sedikit berbagi cerita dan pengetahuan nich, pernah ada satu band yang secara performa dan materi lagu sebenernya lumayan, Cuma pada saat materinya diseleksi oleh MD radio lagu tersebut di tolak. Cerita punya cerita ternyata lagu tersebut Mp3 dalam format MONO. Otomatis dong telinga MD tentunya jeli kepada hal ini. Nah by the way disni saya mau menjelaskan perbedaan antara Mono dan Stereo.  
Mono = Track jika di drop di software audio seperti pro tool cool edit atau  software lainnya, grafik gambarnya 1 Chanel  sedangakan Stereo itu 2 Chanel.

Fungsi mono dan stereo ini dalam tentunya berkaitan juga dengan telinga kita yang dua. Left dan right kan? …begitu juga dengan headphone, satu speaker bahkan sound system dengan kapasitas ratusan ribu watt sekalipun tetap main outputnya adalah left dan right. Ini berkaitan pula dengan Panner left dan right, yang artinya instrument atau sound yang dihasilkan dari sumber bunyi entah itu alat musik atau suara lainnya bisa di tempatkan di left atau di right pada speaker atau headphone ataupun yang sejenisnya. Di paner dan right ini juga berupa field yang ada hitungannya, missal kiri (L) 1 sampai 90 artinya diantana 1 -90 itu kita bisa menempatkan audio tersebut dimana letaknya. Dalam musik ini sangat berpengaruh untuk membuat kepadatan suatu komposisi atau lagu.

Nah jika mono, tidak ada lagi left atau right yang ada cuma center, suatu komposisi (musik) biasanya akan sangat garing, miskin, kaku tanpa panner left dan right ini.Makanya hasil daripada recording atau komposisi musik harusla stereo. Berabe kalo di denger MD (Musik Direktor) . semoga bermanfaat….(Mampir di kedai recording kita ya, kalo mau track hehehe…ditunggu guys)

Comments

Jatipuji A said…
Terima kasih infonya :)
Nah, kalau double stereo itu apa ya?
Satria Baja ID said…
Hmmm.. baru denger tuh, coba cari di om google aja ya :)
Bagoes Singgih said…
kalau suara vocal ada 2 di left dan di right itu nama nya apa ya?
apa termasuk stereo atau mono?