TAHAP-TAHAP REKAMAN - APA YANG PERTAMA KALI DI TAKE - REKAM?

Di era digital ini, rekam atau tracking sudah bukan perihal yang asing lagi. Banyak studio-studio tracking bermunculan, ada yang memang hasil belajar otodidak ada yang memang belajar dari pengalaman pengajaran seniornya. Dengan perbedaan sumber belajar ini tentu akan berbeda pula tata cara tracking yang dilakukan. Nah, sebenarnya tahap-tahap tracking yang benar itu bagaimana ya?..

Saya sendiri bukan pakar recording yang recomended (hehe..) saya belajar otodidak ditambah belajar dari para suhu senior yang tentunya nggak pelit ilmu. Berdasarkah hal tersebut berikut saya paparkan tahap-tahapnya

  1. Bikin guide (rythmis) dari guitar, tetunya setelah tempo lagu di sesuaikan terlebih dahulu (untuk cara menyesuaikan tempo saya belum posting ya insyaallah nanti jika sempat dan kebetulan mood nulis nya datang hahaha...)
  2. Bikin guide vokal ! setelah guide (panduan) gitar beres di take (istilah rekam/ambil suara instrument) kamu harus bikin guide vokal dulu, tujuannya agar kamu nggak bingung ngebedain mana part (bagian) intro, song, interlude dan semacamnya. Guide vokal dan gitar ini biasanya setelah lagu jadi nantinya di hapus. Artinya guide vokal dan gitar ini bukan intrument dan vokal yang nantinya akan jadi lagunya lho ya.
  3. Take drum ! setelah take guide dibuat, selanjutnya adalah drum (tergantung tekhnis ya, menggunakan drum digital atau analog)
  4. Take Bass ! Kenapa bass dulu?.. tujuan utamanya adalah agar matching dengan beat drum, biasanya bass harus klop dengan permainan drum (meskipun bukan aturan baku koq) kamu bisa aja kaya lagu Muse Hysteria mainin bassnya... dung dung tet tet tet... gitu.
  5. Baru kemudian menyusul Guitar, keyboard (jika ada).
Sebagai tambahan aja, out of topic setelah semuanya beres biasanya engineer/operator studio mengedit dulu beberapa part sesuai kebutuhannya, edit ini berbeda dengan mixing ya. Meskipun edit ini bagian dari mixing.

Oke Class, untuk yang berminat kursus online tata cara recording bisa menghubungi saya ya :
Phone : 081224144439 (SMS dulu aja jika mau telphone barangkali nggak diangkat ya, bukan blagu lho, barangkali saya lagi di jalan, tidur, toilet, dll banyak kemungkina   tho hehe)

Line : Superhero_Id
Instagram : @Pawanghujansakti
BBM : 5D02DFE0

 Menerima jasa konten writer untuk up band /artis / singer dll ya.

Comments