PENYEBAB MIDI DRUM NUENDO HILANG SUARANYA SAAT RENDERS



Jika ada pertanyaan ‘ Kenapa midi drum pada nuendo hilang suaranya pada saat di renders ke format lain seperti mp3?..

Pertanyaan ini mengingatkan saya pada  postingan saya tentang cara membuat midi drum dulun yang pernah saya posting di blog ini berdasarkan permintaan mas Eeng. Perasaan kalo tidak salah ingat dia juga sempat telfon dan mangatakan suaranya nggak ada. Karena mungkin saya lagi  nggak konsen di studio entah kenapa saya nggak cek postingan saya itu. Dan ternyata eeh.. iya  cara saya yang itu nggak bisa di renders.

Akhirnya, sebagai penebus kesalahan saya beberapa tahun silam, saya pooting nih kenapa drum midi nuendo hilang suaranya saat di renders. Tidak lain penyebabnya adalah karena ada satu step yang ketinggalan. Lalu bagaimana step urutan yang benar agar midi drum tidak hilang ?.. berikut caranya :

1.Setelah kamu buka new project pada Nuendo, hal paling pertama sebelum add midi track adalah tekan F11 pada keyboard. Nanti akan muncul tampilan VST instrument seperti pada gambar :

 


2. Klik pada tab yang bertuliskan ‘no instrument’ tersebut, pilih ‘Drum’ lalu LM7 (Catatan : LM 7 adalah midi drum bawaan pada nuendo, kita bisa saja menambahkan drum digital lain seperti EZ drum atau Group Agent)
3. Setelah langkah itu selesai, nanti akan muncul vst intrumentnya.Seperti gambar berikut, lalu close aja karena tentu akan mengganggu pandangan layar monitormu saat bikin midi drum.




4. Setelah kamu close, langkah selanjutnya kamu, add midi track. Block  sepanjang durasi lagunya (kalo tidak di block seperti pada gambar midi editornya tidak mau muncul). Lalu double klik pada track midinya. Nah muncul khan midi tracknya?.. (Lihat gambar)


 





 Agar lebih jelasnya bisa dilihat dalam video berikut. Bagi yang berminat belajar tutorial recording secara online maupun datang langsung bisa menghubungi 0878 2968 1624 bbm 5d02dfe0 IG : Pawanghujansakti

Comments