BISAKAH MENGHAPUS (remove) VOKAL UNTUK MEMBUAT MP3 KARAOKE ATAU MINUS ONE?..




Hi Guys.. Good morning, lagi nulis ini masih pagi soalnya, kalo ada yang baca siang, sore atau malam ya bukan salah saya wkwkw.. Artikel barunya lelet banget postingnya sorry hehe..
Di youtube banyak tutorial bagaimana menghapus vocal. Dari menggunakan software atau plugin baik yang standalone maupun tidak. Tetapi sebenarnya apakah memang hal itu bisa dilakukan atau tidak?.. Karena ternyata di beberapa kasus, vocal tidak bisa hilang sepenuhnya, namun ada juga yang berhasil. Lalu bagaimana sebenarnya hal tersebut dan kenapa demikian?..

Saya akan coba sedikit menjelaskan dari sudut pandang pengetahuan saya. Memang, ada plugin vocal remover pada aplikasi seperti Audacity atau yang lainnnya misalnya pada winamp, tetapi, itu tidak bisa menjamin akan 100% hilang, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa hilangpun ada.
Artinya bahwa tidak bisa menjamin vocal remover bisa menghapus atau menghilangkan vocal. Kalopun bisa menghilangkan vokalnya biasanya kualitas audionya akan pecah, tidak akan sebaik aslinya. Kenapa?.. karena audionya sudah di kompresi sedemikian rupa yang mengakibatkan rusaknya frekuensi standar audionya.

Yang paling mendekati kemungkinan untuk bisa hilang vokalnya adalah mengconversi dari audio karaoke. Namun, tetap ini juga tidak bisa dikatakan berhasil 100%. Tergantung lagunya.
Penjelasannya adalah, karena pada saat proses mixing atau pencampuran dari berbagai audio instrument saat proses rekaman dan editinglah yang mempengaruhinya.  Ada panner left dan right disinilah vocal ditempatkan, kadang pada saat mixing ini, vokal tidak diletakkan pada panner C (Center) tapi double pada panner kiri (left) dan panner kanan (right). Nah jika begini kemungkinan di dihilangkan vokalnya menggunakan vocal removerpun tidak akan berhasil sempurna. Sekali lagi yang mempangaruhinya adalah proses mixing. Sedangkan tiap lagu proses mixingnya berlainan. Jadi itulah sebabnya kenapa ada audio yang bisa di hapus vokalnya dan ada yang tidak.

Yang paling bisa dilakukan untuk membuat karaoke adalah membeli CD original karaoke ke perusahaan rekaman (label company) artis yang bersangkutan atau membeli di tempat karaoke. Biasanya itu tempat karaoke resmi sudah membayar royalty si Artis yang bersangkutan. Namun konon ada juga yang menggunakan software ( saya sendiri belum pernah menguji software karaoke yang saya pernah baca disalah satu situs  ).
Untuk membuat karaoke saya biasanya menggunakan software FL fruity Loop saya mengconversi dari midi. Namun biasanya saya tidak begitu saya merenders (mengkonversi) jadi mp3 biasanya saya edit kembali agar lebih terdengar real soundnya (dari midi biasanya soundnya terdengar kaku).
Lalu dari mana midi itu didapatkan?.. Di Internet sendiri banyak bertebaran versi lagu midi. Biasanya dibuat oleh para keyboardiz jago yang sering pakai lagunya di acara-acara sekelas hajatan.  Bahkan beberapa situs menyediakan jasa pembuatan midi tersebut.
Untuk yang mau tahu cara proses pembuatan karaoke dari midi berikut bisa dilihat caranya :

Jangan lupa subcribe dan share ya

Comments