GMT ON BANDUNG BERISIK 2011 (DJARUM INVITATION)


 Sudah menjadi agenda, jika Djarum bikin acara gede, pasti ada perwakilan yang di invite entah dari komunitas musik, motor, mobil ataupun perorangan dari tiap kantor distributor. Untuk yang kesekian kalinya, kali ini saya secara tidak sengaja “dipaksa” ngikut oleh team Leader Cirebon yang kala itu oleh bapak Dedi, atasan sekaligus sahabat saya. Kenapa dibilang  dipaksa?...
]eritanya begini, kala itu saya kebetulan sedang outsourcing di PT Sumber Cifta Multiniaga (Djarum) area Cirebon, saat itu baru masuk belum sata minggu, hari jumat sehari sebelum keberangkatan, saya masih nganvas, barengan  Pak Frans dijalur kota Cirebon, sebagai sesama yang hobby bermusik, kala itu pak Frans, nyuruh saya cariin orang untuk perwakilan invitation di acara Bandung Berisik. Besoknya saya sudah siapin dua orang dan mereka datang sesuai instruksi. Saya pun sabtu pagi itu berangkat nganvas seperti biasanya. Sempet heran juga saya kenapa sampi jam 08.00 WIB siang patners saya pak Frans (Fransiskus Adityas) belum ngajak saya nganvas. Pak Dedi yang kala itu sebagi Team Leadernya manggil saya kenapa jam delapan pagi masih ada  dikantor.
Cerita punya cerita ternyata pak Frans berpikiran saya akan ikut sebagai Invitation Bandung Berisik Di Lapangan BRIGIF Bandung karena kemaren sempet ada obrolan memang kalo saya juga ingin ikut diacara tersebut, namun saya di Djarum bukan untuk main-main lagi seperti ditahun sebelumnya, karena sekarang saya sedang outsourcing, saya nggak enak sama komandan (Sebutan akrab saya kepada Team Leader Pak Dedi Junaedi). Ternyata pekerja outsourcing di hari sabtu itu sebenernya nggak usah masuk Cuma saat itu saya memang tidak tau.

Akhirnya, saya oleh Team Leader diajukan untuk ikut saja ke  acara Bandung Berisik. Maklum beliau tahu saya juga sebagai musisi dan band saya pernah menjadi Guest Starr di acara-acara Djarum hehehe...Tidak seperti invitation ditahun sebelumnya (2010), dalam LA lights Indiefest 2010, saya bener-bener diundang diacara tersebut, kali ini saya meski disebut sebagai undangan dadakan. Hahaha..

Saat berangkat, dua kendaraan Avanza telah siap, kala itu saya bersama rombongan Pak Farouk wooow orangnya men care banget, dan  solidaritasnya tinggi, keliatan aja dari cara beliau memperlakukan para undangan , baru nemu saya ada orang sebaik pak Farouk hehehe..










Sekitar jam 10:00 WIB kami berengkat dari kantor distributor Cirebon. Jalan jalan lagi pikirku, meskipun sediki kurang pede karena saya nggak pake setidaknya kostum khas para musisi celana jeans, baju kaos hitam dan biasanya beberapa aksesoris tambahan, maklum saya niatnya mau kerja, kemeja kerja saya pake. Hehehe..

Seperti biasa mobil yang kami tumpangi melaju dengan garang, seperti permainan guitaraku, hahaha...dan seperti biasa pula, rokok gratis, makan di restaurant gratis, mobil AC, aahh......jadi kepengen kerja jadi tour guide atau kerjaaan lainnya yang banyak jalan-jalannya.


Sesampai disana, waaaah.....nggak kaya di L. A Light Indifest, yang hadir ternyata banyak dari golongan yang kita sebut sebagai golongan marginal (Punk, Underground), Saya udah negative thinking aja, ini bakalan ada perang gede-gedean kayanya..Maklum itu biasanya yang terjadi kalo konser-konser musik di daerah. Tapi ternyata damai abiies men, salut dah buat yang hadir di Bandung Berisik nggak ada anarkhis sama sekali. Mungkin karena yang hadir memang adalah orang-orang yang dengan tingkat intrelegencianya yang tinggi dan faktor aparat yang mendukung sehingga tidak ada bentrokkan sama sekali. Bayangkan aja, untuk masuk area lokasi aja, harus melewati beberapa pemeriksaan, dari tiket, sampe pemeriksaan barang-barang bawaan mulai dari tas, sampe geledah pakain.

Ada cerita yang bikin saya nervous nih, kala itu saya, menggunakan sabuk, yang agak runcing, dan apa, saya disuruh ke pos untuk membukanya (wadah ..pikirku, kalo sabuk dibuka otomatis celana melorot), maklum saya pake celana yang sedikit agar longgar dipinggang, saya memang menuju pos, tapi kemudian saya lapor ke pak Farouk, kalo sabuk saya lepas, celana saya melorot. Untungnya dibelakang saya ada anak Punk yang juga menggunakan sabuk dan disuruh lepas ke pos, namun malah nyelonong aja ke depan. Tiba-tiba aparat TNI yang memeriksa, memanggilnya, dan melayangkan satu tonjokkan ke perutnya. Disitu nervous saya makin tinggi aja. Tapi disi lain perhatiannya aparat TNI itu luput terhadap saya. Ataupun dugaan saya, pak TNI tau saya tidak melepas sabuk di Pos, tapi dibiarkan karena melihat saya menggunakan gelang penanda tiket masuk Warna Putih yang artinya adalah undangan. Juga tampilan saya nggak kaya berandallah.


Seperti biasanya acara tersebut memang sangat keren, meskipun jujur saya agak kurang suka dengan musik underground, tapi yang saya nikmati adalah, sound qualitinya yang saya kira ratusan ribu watt, penataaan lightingnya, sampai booth atau stand-stand sponsor, dan coaching clinik. Waaah keren abis...inilah yang saya saluut dari sistem promosi PT Djarum, menanamkan mindset productnya lewat acara-acara besar. Di Bandung Berisik ini kebetulan product yang tengah diusungnya adalah Djarum Coklat Extra. See you dalam invitation selanjutnya... 
 

Comments

Khaidar said…
Hmmmm.. senang membacanya..
Tapi sayang tidak ada cerita kiprah Fransiskus Adityas selanjutnya dalam acara tsb?
Satria Baja ID said…
Oh ya.. maaf Pak frans nggak ikut yang terjadi justru seru..Pak Frans nyusul saya ke kantor karena dapat kabar Tim Leader kalo saya dikira akan nganvas bareng. Yang ternyata saya malh ikut rombongan ke bandung..LETS MOVE itu kalimat yang saya ingat kalo nganvas bareng pak Frans, yang heran seorang Kristen tapi selalu beliau yang nyuruh saya sholat kalo adzan tiba. koq tau ya dengan Pak Frans?..saudaranya?..