MEMBUKA USAHA RUMAHAN ( HOME RECORDING )




Bagi para musisi yang sudah serba kepentok (wkwkwk...jsut kidding)  masuk label lagunya nggak booming, ditelantarin ama Label jadinya, Job panggungan sepi, setahun paling berapa kali manggung, cari kerja, usia sudah hampir tua  nggak ada perusahaan yang mau nerima wkwkwkw...(kelamaan maen musik wkwkw..) mungkin ada yang bisa kamu lakukan, tentunya  yang peralatan tempurnya (minimal gitar dan bass) belum dijualin karena frustasi. Hihihi..

Sedikit menyimpang dari bahasan dulu Dunia musik memang pahit kalo nggak tembus jadi band besar ya jadi pcundang,  bagi para musisi generasi sekarang yang penting nyari duit dulu baru mau maen musik, mau ampe jungkir balik, mau ampe jenggotan juga kalo secara materi sudah cukup mau masuk labelpun gampng, tinggal jual empang (punyamu ya bukan punya mbah..) terus titip edar ke label 100 jt an deh cukup untuk promo dan titip edar.Salahnya kebanyakan musisi (indie) sekarang maen musik mau dapet duit. Bisa sich tapi nggak segampang itu masuk label pun belum tentu dapat duit, kalo dirimu bisa menjamin hasil karyamu booming, itu baru kamu dapat duit, nggak boomingpun minimal laku karyamu (saya juga ditawarin beberapa kali ke label, tapi nggak ada yang saya tanggepin serius tuh, kecuali kalo labelnya mau keluarin dana milyaran untuk tour dan promo wkwkwkwk) . Dikira kalo bukan band besar maen diacara TV itu dibayar? Acara sekelas Dahsyat, Inbox itu bagi para pendatang baru mereka paling untung barter promo. Nggak dapaet apa –apa.Parahnya mereka (band/artis) yang bayar. Mending bikin usaha sendiri ternak ayam misalnya (wkwk), jadi populer juga belum tentu masuk syurga mas broo hihihi...mending jihad aja tuh ke Paletina, matipun nggak penasaran. Jadi musisi di syurga, yang nonton bidadari wkwkwkwkw....I am just kidding but I am serious. Bukankah banyak banget orang yang ambisius ingin jadi artis?... te reng!

Oke, kita kembali ke bahasan awal, tadi sampe bass dan gitar yang belum dijual ya?...Nah selanjutnya kamu kudu punya PC atau laptop syukur kamu udah punya biasanya anak band sudah pada punya tuh. Itu cukup koq buat buka usaha recording. Tinggal cari software recording aja, effek guitarnya kalo nggak punya tinggal pake effek digital semisal Guitar Wave, atau guitar Rig. Ini aja udah jalan tinggal colok laptop atau komputer rekam deh. Soal nggak bisa gampang, kamu bisa tanya-tanya ama yang nulis nich, mau les juga bisa, atau kalo mau yang free cukup belajar dari internet, dari youtube bannyak cara bro. Nggak usah ke warnet beli modem 5000rb perak bisa seharian 1x24 jam.

Kalo saya ddulu udah bikin strategi, jika band nggak booming, saya bikin recording, nah, makanya dirumah meskpiun seadanya efek guitar mixer, mic condensor sudah ada tuh.

Bagi kamu yang memang ingin kejar kualitas, minimal kamu tambahin CPU dengan Podcaststudio keluaran BEHRINGER ini sudah kompit, 1 bundel kaMu dapat  MIXER xenyx 802, MIC C1 condensor, Headphone behringer berikut sofware recording..

Tapi kalo menurut pengalaman saya, alat itu nggak menjamin hasil keren, yang menjamin itu SDM, ada studio rekam yang mewah tapi kalo audio engginer-nya parah ya tetep aja jelek. Tapi dengan alat sedanya kalo SDM programer nya keren, insya keren juga koq.
So, selamar mencoba ya-jangan ragu untuk bertanya, kami siap nggak pelit ilmu, karena nggak akan saya bawa mati kalo nggak dibagiiin hehehe...Cheers!!



DOWNLOAD MP3 GMT BAND TERBARU 2013 REVIEW

Comments