KEMATANGAN BERMUSIK BUTUH PROSES !


KEMATANGAN BERMUSIK BUTUH PROSES !

 

Dulu saat awal-awal maen musik saya masih kelas dua SMP, mungkin sudah agak terlambat sich untuk ukuran ideal bermaen musik, tapi setidaknya saya melakukan apa yang membuat saya senang :) hehe... (saat itu)

 

Dulu sich saya mikirnya nggak sampe sampe jauh paham sound, paham komposisi

yang penting maen musik, karena emang otodidak, yang ngajak aku maen band meskipun

sudah kuliah, ada yang SMA (saat itu saya paling bontot) mereka nggak jago-jago amat hahaha...

 

Namun setelah saya lama ngamatin, dengerin, ternyata bermusik itu tidak segampang

yang kelihatannya. Dari belum bisa bikin lagu, sampai bisa bikin lagu, setelah bikin lagu

belajar bikin komposisinya, setelah bisa dan banyak bikin lagu, ternyata lagu yang dibuat

masih amatir (bahasanya sering saya dan kawan-kawan bilang "Indie banget"), sudah bikin lagu yang nggak amatir dengan komposisi yang matang, vokalnya harus milih-milih lagi, mempelajari tiap karakter vokal untuk mendukung lagunya, dengen genre dan warna demikian, sound demikian vokal seperti apa nich yang pas dan enak di denger...

 

Akhrnya bertahun-tahun bermaen musik, selalu nggak pernah puas karena ada yang dianggap selalu kurang, kurang dan kurang tidak sempurna...

 

Namun, disisi lain saya bersyukur banyak ilmu, pengalaman, wawasan, pengetahuan, dan yang menarik setelah semuanya saya rasa cukup mendapatkan predikat musisi matang, haha.. event musik  yang saya buat beberapa bulan lalu, merugi, payah banget harus nombokin 7 juta… dan jalan satu-satunya, semua perlatan tempur mulai dari gitar sampe ke kabel-kabelnya dijualin. Hahaha………. Hoho.. oh my god L

 

Tapi, ah.. indahnya hidup ini, hanya senda gurau dan bermain-main, karena saya baca disalah satu page facebook, “Jika anda tidak pernah mengalami kegagalan atau kesalahan, mungkin anda tidak pernah melakukan sesuatu”

 

Dan saya yakin banyak musisi yang ngalamin hal serupa dengan saya, misalnya, sudah nyiapin banyak materi album, rencana pengen goal ke perusahaan rekaman/label ee.. malah sekarang industrinya beralih ke KPOP ama BOYBAND wkwkwkww…. Keciaan deh . Hahaha…..

 

Dan bukan musisi yang baru nongol atau merintis aja, yang sudah mapan sekalipun sebenrnya selalu memiliki tantangan, mulai dari adanya pendatang baru yang bermunculan, album tidak laku, RBT nggak booming dll.

 

Apaalgi ditambah konsisi industri musik Indonesia sekarang mungkin tengah carut marut, karena maraknya internet, sekarang CD nggak laku, ganti jaman jadi RBT,  peraturan dari KEMENINFO artis royaltinya harus lebih besar daripada label, nggak kaya dulu, jadi lebel pada males handling artis baru wkwkwkw

 

Yang terpenting kita cepet berbenah aja, tinggal di bumi ini sebentar, waktunya jangan habis untuk musik, sholat jangan lupa siapin bekal buat akherat hahaha… (serius gua nggak becanda nich)

Akhirul kata,… see you di celotehku selanjutnya. Ting (menghilang)

 

 

Comments