MENGENAL APAKAH METRONOME ITU?..




Bagi para musisi senior apalagi yang udah jenggotan atau berkumis, tentu mengenal apakah metronome itu. Apalagi musisi jebolan les kursus music pasti setiap hari kerjaannya berkutat dengan metronome. Namun bagi musisi yang masih ABG atau baru banget bergelut mungkin baru mengenal istilah metronome. So nggak ada salahnya ya saya share soal metronome ini. Untuk yang baleum tahu aja.
Sederhananya, berdasar tujuannya, metronome digunakan untuk menjaga beat lagu atau ketukan cepat lambatnya sebuah lagu. Makin cepat sebuah lagu tentu akan makin cepat tempo metronomenya. Bunyinya tik tok tik tok gitu namun memang bervariasi sih nggak mesti tik tok tik tok.
Metronome ini sudah pasti digunakan dalam recording (kegiatan rekaman) semua player mulai dari drummer hingga gitaris pake metronome ini. Salah dikit alias nggak tepat dengan ketukan metronome audio enginers pasti nyuruh ngulang. Makanya harus dibiasain nih mendengar atau latihan dengan metronome.
Sedangkan secara alatnya, metronome sendiri ada yang digital dan ada yang analog. Saya sich belum pernah liat gimana bentuk metronome analog. Yang saya tahu Cuma bunyinya aja tuh mau di effek gitar, mau di software2 musik. Mungkin  bentuknya kaya metro mini di Jakarta (usang gitu deh) karenanya disebutt metronome ( asal kata dari metro mini kali ) wkwkwkw..
Konon, metronome ditemukan ilmuan Jerman Maelzel Metronome (ah tapi saya nggak tahu sumber ini valid atau tidak). Saya sich pingin nyebut disini (baca:  blog ini) metronome itu ya di temukan orang Indonesia khususnya orang Jakarta (khan di Jakarta banyak metro mini) makanya namanya metronome asal katanya dari metromini mengalami perubahan bahasa jadi metronome J
Back to the point, jadi metronome adalah suatu alat pengukur beat /tempo lagu. Sekedar mau menambahkan kalo di Jerman menemukan metronome saja sudah dianggap ilmuan kenapa tukang bakso di Indonesia yang nemuin suara ‘tok tok ..tok.. tok ‘ tidak dianggap sebagai Ilmuan ya. Padahal itu merupakan kejeniusan juga dari seorang tukang bakso. 

Ebook tutorial & video lengkap rekaman pemula otodidak hubungi. 087829681624 Bbm 5d02dfe0  
Atau Jasa penulis artikel bisa menghubungi no diatas. 

Comments